Jurnal Online Gratis di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perkembangan penelitian Keperawatan dan penelitian Kesehatan kian meningkat. Terlebih saat ini ada 682 kampus yang menawarkan program Diploma 3 Keperawatan dan 465 kampus yang menawarkan program Diploma 3 Kebidanan telah berdiri di Indonesia. Begitupun program pendidikan Sarjana Keperawatan, program Profesi Ners, program Magister Keperawatan, program Spesialis Keperawatan dan program Doktoral Keperawatan telah pun beroperasi diseluruh wilayah Indonesia.

Namun peningkatan pesat pendidikan Keperawatan dan pendidikan profesi Kesehatan yang lain, tidak diimbangi dengan sarana dan prasaran yang memuaskan. Selain masih banyak lembaga pendidikan tersebut belum memiliki gedung sendiri, beberapa diantaranya pun belum memiliki akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Salah satu yang sering dilupakan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta tersebut adalah ketidakmapuan untuk menyediakan perpustakaan yang layak yang mampu menunjang pembelajaran mahasiswa, khususnya dalam pengembangan penelitian Keperawatan dan Kesehatan.

Hanya di beberapa PTN yang bonafide dan di beberapa PTS yang dimiliki oleh owner yang peduli pendidikan yang memiliki akses tidak terbatas terhadap sumber literature untuk penelitian. Sumber yang dimaksud adalah text book yang senantiasa di-update dan ketersediaan journal online bagi para mahasiswa. Alasan klasik yang selalu diungkapkan adalah masih mahalnya harga text book import di Indonesia, terlebih lagi untuk berlanggan journal online lebih mahal lagi biaya yang perlu dikeluarkan.

Namun kini bagi mahasiswa yang sedang belajar di kampus yang tidak menyediakan akses untuk journal online, sekarang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) menawarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dimanapun Anda berada untuk secara percuma mengakses beberapa journal online ternama dunia bagi anak bangsa yang membutuhkannya. Syaratnya adalah Anda harus terdaftar sebagai anggota PNRI, kemudian keanggotaan Anda di PNRI tersebut didaftarkan untuk mengakses journal online yang disediakan PNRI. Journal online yang dimiliki oleh PNRI ini dinamakan e-Resources, saat ini journal online yang dilanggan terdiri dari:

  1. Proquest,
  2. Gale – Cengage Learning,
  3. @My Library,
  4. Sage,
  5. Ulrichs – Periodicals Directory,
  6. EBSCO Host,
  7. IGI Global,
  8. Westlaw,
  9. ISEAS,
  10. ALA Publishing, dan
  11. Balai Pustaka.

Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan journal online untuk berbagai keperluan akademik Anda, berikut ini penulis akan menjelaskan tentang tata-cara registrasi sehingga pada akhirnya Anda akan dapat mengakses journal online yang disediakan oleh PNRI tersebut baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Caranya tidak sulit, hanya dengan mengikuti step by step dibawah ini Anda akan segera dapat menguasainya. Selamat mencoba.

Pertama, ada baiknya Anda sediakan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk registrasi, seperti kartu identitas (KTP, SIM, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa, Paspor atau Kartu Keluarga).

Kedua, pastikan bahwa Anda masih memiliki alamat email yang masih aktif dan masih dapat menerima konfirmasi pendaftaran yang nanti akan Anda lakukan.

Ketiga, buka internet browser yang biasa Anda gunakan (chrome, firefox, internet explorer, safari, dll). Bukalah dengan internet browser Anda alamat website PNRI berikut ini http://keanggotaan.pnri.go.id. Bila Anda berhasil, maka halaman web yang terbuka akan terlihat seperti dibawah ini:

Keanggotaan PNRI

Kemudian Anda klik tombol untuk Daftar. Setelah Anda klik akan muncul halaman web yang berisi tentang: Persyaratan, Tata Tertib, Hak dan Kewajiban, Kartu Anggota. Baca-baca saja dahulu informasi yang bermanfaat untuk dipelajari tersebut. Gambarnya akan terlihat seperti dibawah ini:

Petunjuk Pendaftaran Anggota

Setelah puas Anda membaca petunjuk pendaftaran diatas, selanjutnya klik tombol untuk Lanjutkan Pendaftaran yang terletak disebelah kanan atas. Apabila Anda klik dengan benar akan keluar halaman web seperti dibawah ini:

Pendaftaran Anggota

Kolom yang wajib Anda isi adalah kolom yang berwarna pink, sedangkan kolom lain apabila Anda tidak berniat mengisinya tidak masalah. Setelah selesai mengisi kolom yang diperlukan, kemudian contreng-lah kolom paling bawah yang isinya “Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI”. Kemudian klik tombol DaftarSetelah itu akan muncul halaman web seperti ini:

Pendaftaran Sukses

Kemudian tutup halaman web tersebut, kemudian lanjutkan proses pendaftaran ke tahap berikutnya, yaitu untuk pendaftaran e-Resources.

Keempat, gunakan nomor anggota yang telah Anda miliki untuk melakukan registrasi e-Resources pada halaman web berikut http://e-resources.pnri.go.id/index.php?option=com_user&task=register, seperti terlihat dibawah ini:

Pendaftaran e-Resources

Isilah dalam formulir tersebut Nama, No. Anggota, Tanggal Lahir, Alamat, Username, Password, Verify Password dan Email. Kemudian isilah Kode Pengaman yang tertera dibagian bawah. Selanjutnya Anda register. Apabila Anda sukses maka akan keluar halaman web seperti dibawah ini:

Pendaftaran Selesai

Kelima, cek email Anda, apabila Anda menerima email seperti ini “Terima kasih telah melakukan registrasi Akun Pengguna e-Resources Perpustakaan Nasional RI. Kami akan lakukan verifikasi data keanggotaan Anda, kemudian mengirimkan user id beserta password untuk mengakses portal e-Resources Perpustakaan Nasional RI. Webmaster E-Resources”, maka Anda telah melakukan registrasi e-Resources dengan baik. Setelah 1 hari kerja, webmaster e-Resources akan mengirimkan email kembali untuk menginformasikan bahwa akun Anda telah diaktvasi dan boleh digunakan untuk mengakses e-Resources.

Keenam, tunggu dalam 1 hari kerja untuk aktivasi email Anda oleh webmaster e-Resources. Setelah akun Anda aktif, selanjutnya Anda dapat mengunduh atau sekedar membaca journal online yang ada disana untuk Anda gunakan dalam berbagai keperluan akademik Anda.

Apabila ada kesulitan dalam proses pendaftaran ini, silakan Anda menghubungi webmaster e-Resources yang berkaitan dengan mengirimkan email kealamat berikut: admin_eresources@pnri.go.id. Selamat mencoba!

 

Photo via www.pnri.go.id