Undang Undang Keperawatan di USA

Menanggapi hiruk pikuknya aspirasi yang ada berkaitan dengan proses diundangkannya Rancangan Undang Undang Keperawatan di Indonesia, maka kami berusaha untuk sharesedikit informasi berkaitan dengan hal tersebut. Perlu diketahui bahwa sejak dimasukkannya RUU Keperawatan kedalam Prolegnas di Komisi 9 DPR RI pada tahun 1999 yang lalu, hingga saat ini belum ada kemajuan yang signifikan guna menggolkan RUU Keperawatan tersebut.

Banyak hal yang menghalangi digolkannya RUU Keperawatan tersebut, diantaranya ketidaksungguhan Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan untuk menyokong pengesahan RUU Keperawatan tersebut di Komisi 9 DPR RI, selain itu fraksi-fraksi yang ada di Komisi 9 DPR RI pun belum mengirimkan utusannya untuk duduk dalam Panitia Kerja (Panja) yang akan menelaah dan merumuskan kembali RUU Keperawatan tersebut sehingga siap diundangkan, ada pula fraksi di DPR RI yang sudah mengirimkan urusannya untuk duduk di Panja yang membahas RUU Keperawatan namun dengan jelas menolak diundangkannya RUU Keperawatan tersebut, yaitu Fraksi Demokrat.

Bahkan, dalam salah satu pertemuan dengan utusan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia pada hari Rabu, 20 Juli 2011 yang lalu, secara terus terang fraksi Demokrat ini yang diwakili oleh para Dokter yang sudah lanjut usia, menolak untuk disahkannya RUU Keperawatan tersebut. Bahkan, salah satu alasan nyeleneh mereka adalah ‘Amerika Serikat pun tidak mempunyai Undang Undang Keperawatan, buat apa di Indonesia ada?’

Nah, menyikapi ucapan nyeleneh dari fraksi Demokrat yang duduk di Komisi 9 DPR RI ini maka kami dari Blog Perawat akan berusaha untuk membuktikan bahwa tidak benar Amerika Serikat tidak memiliki Undang Undang Keperawatan dan membuktikan bahwa ucapan perwakilan dari fraksi Demokrat itu adalah akal-akalan mereka saja agar RUU Keperawatan semakin sulit untuk disahkan.

Tidak benar bahwa Amerika Serikat tidak memiliki Undang Undang Keperawatan sebagaimana disampaikan oleh anggota fraksi Demokrat di Komisi 9 DPR RI. Oleh karena Amerika Serikat adalah Negara yang berbentuk Federal, maka Undang Undang Keperawatan yang ada disana pun mengikut kepada Negara Bagian masing-masing, Amerika Serikat memiliki tidak kurang 50 Negara Bagian. Karena Indonesia yang berbentuk Negara Kesatuan, maka yang berhak mensahkan Undang Undang DPR RI sementara provinsi dan kabupaten hanya bisa membuat Peraturan Daerah untuk wilayahnya masing-masing, oleh karena itu RUU Keperawatan yang harus mensahkan adalah DPR RI.

Berikut ini adalah link yang menunjukkan bahwa 50 Negara Bagian yang ada di Amerika Serikat telah memiliki Undang Undang Keperawatan atau yang mereka sebut sebagai Nursing Act sejak beberapa tahun yang lalu:
1. Alabama
2. Alaska
3. Arizona
4. Arkansas
5. California
6. Colorado
7. Connecticut
8. Delaware
9. Distric of Columbia
10. Florida
11. Georgia
12. Hawaii
13. Idaho
14. Illinois
15. Indiana
16. Iowa
17. Kansas
18. Louissiana
19. Maine
20. Maryland
21. Massachussetts
22. Minnesota
23. Mississippi
24. Missouri
25. Montana
26. Nebraska
27. Nevada
28. New Hampshire
29. New Jersey
30. New Mexico
31. New York
32. North Carolina
33. North Dakota
34. Ohio
35. Oklahoma
36. Oregon
37. Pennsylvania
38. Rhode Island
39. South Carolina
40. South Dakota
41. Tennessee
42. Texas
43. Utah
44. Vermonth
45. Virginia
46. Washington
47. West Virginia
48. Wisconsin
49. Wyoming

 

50. Guam

Demikian sekilas share kami berkaitan dengan Undang Undang Keperawatan di Amerika Serikat, dengan adanya artikel ini sekaligus membantah ucapan yang disampaikan oleh fraksi Demokrat di Komisi 9 DPR RI pada tanggal 20 Juli 2011 yang lalu. Semoga bermanfaat dan semoga profesi Perawat semakin maju di Indonesia.

 

Artikel ini dikutip darisini dan darisini.

2 Comments
  1. oknurse November 11, 2011
    • Blog Perawat February 15, 2012